Cara Sukses Ternak Pleci Bagi Pemula

Advertisement
Advertisement
Cara Sukses Ternak Pleci Bagi Pemula- Burung pleci (suku Zosteropidae) tampaknya menjadi burung kicau paling populer di tahun 2016 ini, sehingga burung ini menjadi idola baru dan banyak penghobi yang ramai-ramai memeliharanya. Burung ini memiliki keunikan ukuran tubuh yang cukup mungil, hanya berkisar 15 cm dan sayapnya yang melingkar dan memiliki kaki yang kuat. Pleci pada umumnya memiliki corak warna bulu hijau - kelabu, akan tetapi ada beberapa jenis yang memiliki perut dan bulu leher yang berwarna kuning atau putih.

Seiring Banyaknya peminat burung pleci membuat para pemikat burung berlomba-lomba untuk menangkap dan menjual dengan harga yang tinggi. Karena hasil tangkapan yang banyak maka sekarang hampir terjadi kepunahan karena sudah sulit menemukan burung kacamata ini pada alam liarnya. Dari kondisi tersebut, tidakkah terlintas dalam benak kita mengapa kita tidak mencoba menangkar burung pleci sendiri.?Agar tidak punah habitatnya.

http://cara-tani.blogspot.com/2016/03/cara-sukses-ternak-pleci-bagi-pemula.html
Cara Sukses Ternak Pleci Bagi Pemula
Maka dari itu agar burung pleci dapat lestari dan tidak mengalami kepunahan kita akan memberikan cara untuk beternak pleci dada kuning atau dada putih dengan mudah untuk para pemula menurut PleciMania yang sudah berpengalaman. Berikut di bawah ini beberapa tahapan untuk beternak burung pleci:

Cara Sukses Ternak Pleci Bagi Pemula

 

1. Kandang ternak dan sarang

Kandang yang digunakan berukuran hampir sama seperti kenari yaitu biasanya memiliki panjang 45cm x lebar 35cm x tinggi 40cm. Tempatkan kandang jauh dari binatang yang memiliki suara bising seperti lovebird dan binatang pemangsa seperti kucing biarkan pasangan pleci memiliki tempat yang eksklusif untuk kawin.

Jika perlu saat musim kemarau dan suhu menjadi terlalu panas sediakan kipas angin kecil dan tempatkan dengan jarak yang tidak terlalu dekat dengan kandang atau jika suhu terlalu lembab berikan mereka sinar UV.

Gunakan kandang soliter untuk pasangan pleci yang sudah berjodoh ini akan membuat mereka dengan pleci lainya walaupun sebenarnya pleci pun bisa dipasangkan menggunakan kandang koloni dimana pleci dapat mencari jodoh sendiri.

Desain kandang semirip mungkin dengan alam liar misalnya menaruh ranting dan dedaunan agar pleci merasa seperti di habitat aslinya.

Selanjutnya yang diperlukan ada dikandang adalah sangkar tempat pleci menempatkan telur dan mengeram telurnya, wadahnya dapat anda beli ditoko burung atau dapat dibuat sendiri dari kawat. Isi sarang yang biasa digunakan adalah serabut kelapa, serat nanas, kapas dan masih banyak lagi.
Kandang Ternak Pleci

 2. Mempersiapkan Induk Pleci

a. Persiapan Calon Indukan ( syarat utama calon indukan sebaiknya sudah cukup umur (diatas usia 1 tahun )

b. Indukan betina minimal jinak lalat (tidak takut dengan aktifitas manusia)

c. Indukan jantan harus rajin ngalas (nggacor) fungsinya untuk menarik perhatian betina dan merangsang untuk kawin

3. Perjodohan

a. Proses ini dimulai dengan mendekatkan sangkar jantan dan betina -+1-2 minggu. Selama perjodohan makanan harus berprotein tinggi (kroto/uh).

b. Setelah 1-2 minggu coba saling dijauhkan tanpa saling melihat,dari sini kita bisa mengukur sejauh mana proses perjodohanya

c. Apabila kedua indukan saling memanggil (betina ngecall2)dan diiringi jantan yg gelisah dan ngalas ngeplong berarti perjodohan hampir berhasil.

d. Setelah seharian dipisah coba malamnya dicampur sambil kita amati tingkah laku keduanya.

e. Biasanya pejantan akan aktif merayu betina kawin dengan cara mebawa usuhan (serabut nanas)/ ngriwik ngeplong sambil neler2 dan terkadang langsung terjadi perkawinan bahkan sebaliknya pejantan terlalu agresif (mengejar/memaksa untuk kawin). Klo tingkah pejantan agresif sebaiknya dipisah beberapa hari dan coba disatukan lagi.

4. Pakan

Selama proses penjodohan, anda harus memperhatikan makanan yang anda berikan kepada burung tersebut. Karena, makanan adalah salah satu faktor yang bisa mempengaruhi kualitas keturunan atau anak burung nantinya. Beberapa makanan berikut ini harus anda berikan diantaranya adalah:

1. Voer dengan kualitas yang baik.
2. Jangkrik
3. Ulat hongkong
4. Ulat kandang
5. Kroto, atau
6. Cacing Tanah

Semua itu bisa menjadi makanan extra yang akan meningkatkan kualitas telur maupun anak. Jangan lupa juga untuk memberikan berbagai jenis buah-buahan sebagai sumber vitamin. Misalnya, buah pisang, buah pir, buah pepaya atau buah apel. Berikan maksimal 2 kali dalam seminggu.

Jangan lupa juga memberikan vitamin alami, pilih vitamin yang berkualitas bagus untuk dijadikan sebagai suplemen dan multivitamin tambahan.

5. Setelah Burung Bertelur

Setelah terjadi perkawinan, burung betina akan bertelur kurang lebih dalam waktu 2 minggu kedepan. Setelah burung bertelur, perhatikan sifat burung dan jangan sering mengganggu burung agar tidak enggan untuk mengerami telurnya. 

Apabila induk burung tidak mengerami telurnya, maka hal tersebut bisa mengindikasikan adanya masalah. Selamatkan telur dan gunakan metode inkubator saja. Jika berjalan lancar, burung betina akan mengalami telur tersebut hingga menetas.

6. Merawat Anak Burung

Perawatan anak burung bisa diserahkan langsung pada induk burung. Setelah 10-14 hari anda bisa memanen-nya.

Saat meloloh anak burung, anda bisa menggunakan voer yang sudah dicampur dengan air hangat agar lebih lembut dan bisa dicerna. Selain itu, anda juga bisa memanfaatkan serangga seperti jangkrik atau yang lainnya kemudian dicincang dan dipotong-potong terlebih dahulu agar lebih mudah dimakan oleh anak burung.

Meloloh anak burung menggunakan serangga akan lebih mudah dan lebih aman karena tidak menyebabkan anak burung belepotan yang kerap mengundang berbagai jamur dan bakteri.
Dalam proses ternak burung pleci ini Membutuhkan kesabaran yang sangat tinggi, kecermatan serta selalu berdoa kepada alloh SWT, itu semua kunci keberhasilan dalam penangkaran burung apapun jenisnya. Jika ingin hasil yang baik jangan mudah menyerah dan teruslah berusaha, Selamat mencoba & semoga sukses.!

Demikian bahasan tentang Cara Sukses Ternak Pleci Bagi Pemula yang dapat disampaikan, semoga bisa menjadi inspirasi bagi PleciMania dimana pun anda berada. Semoga bermanfaat. wassallamualaikum Wr Wb.

Advertisement