Panduan Sukses Beternak Jalak Suren Dengan Mudah

Advertisement
Advertisement
Panduan Sukses Beternak Jalak Suren Dengan Mudah - Satu lagi legenda jawara dari arena burung kicauan di Indonesia, yang bisa di jadikan usaha sampingan ternak burung yaitu jalak suren.Jalak suren merupakan salah satu binatang eksotis asli indonesia. Keindahan bulunya dan kicau merdu suaranya menjadi daya tarik utama burung dengan corak hitam dan putih ini. Daya jual dan harga di pasar pun sangat tinggi. Jenis satu ini tak kalah mantapnya dalam mengukir prestasi jawara dalam beragam kompetisi layaknya burung murai batu atau burung cucak ijo.

Burung jalak atau dalam bahasa inggris dikenal dengan nama starling merupakan jenis burung pengicau yang berasal dari suku surmidae. Burung yang biasanya bersarang di lubang-lubang pohon ini populasinya makin hari makin berkurang dan hampir langka keberadaannya di Indonesia karena perburuan, sehingga menyebabkan tingginya harga burung ini, yang pada akhirnya menjadikan banyak para jalak mania yang mencoba menekuni untuk membudidayakan/ beternak burung jalak suren, selain hobi ternak jalak suren juga bisa menjadikan potensi yang tidak kalah menggiurkan, Jadi menjalankan usaha sampingan dengan beternak burung jalak suren bisa menjadi jalur sukses Anda secara financial.

Untuk beternak jalak suren sebenarnya secara garis besar hampir sama dengan Beternak Burung kacer dan Beternak burung murai batu. Apalagi secara umum burung satu ini termasuk sangat mudah adaptasi. Juga termasuk jenis yang tidak terlalu rewel, sehingga mudah dipelihara. Agar berhasil dalam beternak burung jalak suren tentunya membutuhkan banyak hal, termasuk kesungguhan, ketelitian, ketelatenan, kesabaran yang sangat tinggi dan teknik beternak yang baik. Berikut ini merupakan teknik dalam ternak burung jalak suren dan semoga bisa membantu anda dalam beternak . Berikut di bawah ini adalah langkah-langkahnya:

http://cara-tani.blogspot.com/2016/03/panduan-sukses-beternak-jalan-suren.html
Panduan Sukses Beternak Jalak Suren Dengan Mudah

Panduan Sukses Beternak Jalak Suren Dengan Mudah


Tahapan-tahapan dibawah ini mungkin akan sedikit membantu pembaca untuk mengetahui bagaimana cara beternak burung jalak suren dengan mudah.

1. Memilih indukan jalak suren

Idealnya umur indukan jalak suren yang sudah siap kawin adalah 1 sampai 2 tahun , pilih indukan yang sehat dan sudah jinak agar mempermudah pada saat proses perjodohan.

2. Membuat kandang penangkaran

Ukuran kandang jalak suren sebaiknya 2 meter x 1 meter dengan inggi 2,75 meter. Pada bagian belakang serta samping kandang sebaiknya menggunakan batu bata yang tidak dipleseter semen agar kelembaban terjaga, dan bagian depan kandang bisa menggunakan ram kawat. Untuk bagian lantai sebaiknya langsung tanah saja agar dapat menyerap kotoran dan menjaga kelembaban kandang.

3. Menjodohkan calon indukan jalak suren

Proses perjodohan burung jalak suren relatif sama dengan perjodohan burung lainnya, tidak diperlukan teknik khusus dalam melakukannya. Jadi untuk caranya bisa anda baca seperti di Tips Cara Beternak Kacer Sederhana Hasil Maksimal dan Cara Sukses Beternak Murai Batu Bagi Pemula.

4. Mencukupi pakan indukan jalak suren

Mencukupi kebutuhan pakan indukan jalak suren Kebutuhan pakan utama dan pakan ekstra (EF) harus anda cukupi karena dengan asupan pakan yang cukup dan berkualitas maka akan mempercepat proses reproduksi. Sebagai pakan utamanya anda bisa memberikan voer. Sedangkan pakan ekstranya anda bisa memberi jangkrik, ulat hongkong, dan pisang kepok. Induk jalak suren betina akan bertelur 1 minggu setelah proses kawin berhasil. Selanjutnya betina akan mengerami telur sampai menetas.

5. Merawat anakan jalak suren

Setelah telur menetas, biasanya anakan jalak suren akan dibiarkan bersama induknya sampai umur 1 minggu atau 1 bulan. Tetapi menurut pengalaman, anakan jalak suren yang berusia 1 minggu sudah diambil dan dirawat sendiri dengan cara diloloh. Masukkan anakan jalak suren ke dalam inkubator dan pisahkan sendiri-sendiri atau dua-dua di dalam besek/sarang buatan. Pada bagian atas besek, ditutup dengan rotan agar anakan bisa istirahat. Untuk pelolohannya, menggunakan voer yang telah dihaluskan dan diberi sedikit air hangat agar mudah dicerna. Untuk meloloh anakan JS anda bisa menggunakan spet. Waktu meloloh adalah setiap 1 jam sekali, dan jika sudah agak besar 2 jam sekali, semakin besar 3 jam sekali, dan seterusnya sampai anakan bisa makan sendiri. Dan jika anakan JS sudah bisa makan sendiri, anda bisa memberikan jangkrik kecil 3 kali sehari masing-masing 5 ekor. Tetapi pastikan jangkrik sudah dibersihkan dari kaki-kakinya.


Nah itulah sedikit Panduan Sukses Beternak Jalak Suren Dengan Mudah, Semoga bermanfaat & semoga berhasil. Sallam JS Mania.

Advertisement