Istilah Tahapan Suara Burung Pleci

Advertisement
Advertisement
Istilah Tahapan Suara Burung Pleci- Mengoleksi burung pleci dalam masyarakat kita ternyata menjadi sebuah pilihan yang sangat menjanjikan. Bisa jadi alasannya adalah karena harganya yang cukup terjangkau, mudah dipelihara maupun bisa juga karena burung ini lebih mudah dipelihara dan mudah perawatannya. Memiliki burung pleci yang bisa memiliki suara ngalas keras/kencang dengan variasi lagu dan keluar isian merupakan idola dan mimpi setiap pemilik burung Pleci.

Untuk membuat burung Pleci bisa memiliki suara ngalas dengan aneka variasi isian tentu bukan hal mudah dan butuh kesabaran dan ketelatenan perawatan dan pemasteran tentunya, Anda juga harus mengenal terlebih dahulu tahapan serta tipe kicau burung pleci. Istilah tahapan berkicau pada burung Pleci ini di ambil & di sunting dari beberapa sumber yang tujuannya untuk bersama-sama belajar tanpa mengesampingkan nilai persaudaraan mencari solusi terbaik untuk kemajuan pencinta pleci Indonesia. Berikut istilah tahapan pada kicauan pleci :

Istilah Tahapan Suara Burung Pleci

 

Istilah Tahapan Suara Burung Pleci


1.Ngriwik

Ngriwik adalah Mereplay lagu dan isian dengan volume suara pelan. Lagu yang di replay burung umumnya berasal pemasteran alami/buatan yang terekam di Auditory Memori (otak) burung tersebut. Fase ini biasanya digunakan burung sebagai kesempatan untuk belajar meng-aransemen lagu dengan baik dan harmonis.

2.Ngalas

Ngalas adalah istilah untuk kemampuan burung Pleci melagukan suara kicauan asli burung Pleci seperti di habitatnya Ngalas adalah suara ngerol asli PC terdiri dari suara ciw yg rapat disambung2 dalam tempo yang cepat, nada naik turun cenderung ditarik-tarik bergulung-gulung panjang/ropel/roll.

3.Ngerol

Ngerol adalah kemampuan burung untuk berkicau secara sambung menyambung seolah-olah tanpa terputus. Misalnya: 1-2-3-4-5-6 atau 5-4-3-2-6-1. Istilah ngeroll diterapkan pada PC yang mampu melagukan kicauan panjang tanpa terputus-putus..biasanya PC ngeroll pada saat dia melagukan macem2 lagu isian.

4.Ngeplong

Ngeplong adalah istilah untuk burung yang berkicau dengan lantang dan keras dengan volume suara yang relatif besar. Burung PC yang sudah ngeplong ngalas,kadangkala dia mau “ngriwik” jika kondisinya enjoy,ngriwik inilah akan keliatan nyanyian isian-isian yang dia bisa merespon saat dari muda, kadang” jika sudah interest banget ngriwiknya sambil teler-teler. Nah, kalau selama mudanya tidak pernah merespon suara-suara burung lain, ngriwiknya ya ngalas nya sama dengan dia bunyi ngalasnya saat ngeplong, Jadi semuannya tergantung dari kepandaian PC itu sendiri. Satu lagi adalah bunyi dasar pleci yaitu “ nada call “, cuit – cuit, pilih bahan yg mengeluarkan “ nada call “ yg doble, tripel, dst. “ nada call “ setiap jenis pleci berbeda, jadi kalau jenis dada kuning “ nada call “ nya harus sama dengan dada kuning lain, tidak bisa sama dengan yang dada putih, jenis montanus, dll.
Demikian Istilah Tahapan Suara Burung Pleci . Semoga dapat menjadi acuan mendasar persamaan persepsi mengenai istilah2 untuk membuat standar penilaian lomba pleci. Semoga bermanfaat & Sallam Plecimania.

Advertisement