Manfaat Dan Khasiat Tanaman Jahe Untuk Kesehatan

Advertisement
Advertisement
Manfaat dan Khasiat Tanaman Jahe untuk Kesehatan - Jahe merupakan tanaman rimpang yang sangat di kenal sebagai rempah-rempah dan bahan obat. Tanaman ini dapat tumbuh di berbagai wilayah, seperti Indonesia, India, Karibia, Cina, Afrika Barat dan Asia Barat Daya. Jahe biasanya digunakan sebagai bumbu masakan, campuran jamu, atau bisa juga dibuat untuk wedang jahe. Seiring dengan perkembangan zaman, Kini, jahe dapat digunakan sebagai campuran berbagai jenis makanan olahan, misalnya seperti permen jahe, dodol jahe, dan selai jahe. 

Selain dapat diolah menjadi bermacam-macam jenis makanan, jahe ternyata memiliki begitu banyak manfaat dan khasiatnya yang mampu menyembuhkan berbagai jenis pernyakit. Jahe sendiri adalah salah satu temulawak yang cukup populer hingga ke luar negeri, biasanya yang kita tahu manfaat jahe adalah sekedar sebagai minuman penghangat tubuh saja. Akan tetapi sebenarnya ada banyak sekali khasiat jahe yang mengkin tidak bisa kita duga. Berdasarkan penelitian para ahli kesehatan, telah ditemukan beberapa Manfaat Dan Khasiat Tanaman Jahe Untuk Kesehatan diantaranya:

 http://cara-tani.blogspot.com/2015/11/manfaat-dan-khasiat-tanaman-jahe-untuk.html


Berikut Ini Adalah Beberapa Manfaat Dan Khasiat Tanaman Jahe untuk Kesehatan :


1. Mengatasi masuk angin, demam dan batuk
Jahe mempunyai sifat sebagai antivirus, antijamur dan antitoksin sehingga tak heran jika jahe
dapat bermanfaat untuk mencegah dan mengobati masuk angin, demam, batuk maupun susah buang air besar. Selain itu, jahe juga berguna dalam mencegah dan mengobati penyakit flu.

2. Menyembuhkan sakit perut
Jika Anda sedang mengalami sakit perut, sangat disarankan untuk mengkonsumsi jahe karena jahe memiliki sifat analgesik dan obat penenang. Selain itu, jahe juga digunakan dalam penyembuhan masalah perut parah seperti dispepsia atau kolik dan diare.

3. Membantu pencernaan
Makan jahe dapat mempermudah tubuh Anda dalam mencerna makanan setelah makan berat.
Pasalnya, jahe berkhasiat dalam membersihkan usus besar, membuang gas beracun, meningkatkan produksi cairan pencernaan serta membantu dalam memperlancar buang air besar.

4. Membantu dalam mengobati batu empedu
Jahe juga dapat membantu dalam mengobati batu empedu karena membantu empedu untuk
melepaskannya dari kandung empedu. Dengan mengkonsumsi jahe secara rutin, masalah batu empedu yang Anda alami akan segera sembuh.

5. Mencegah beberapa jenis penyakit kanker
Jahe atau lebih spesifiknya ekstrak jahe dapat menghambat pertumbuhan berbagai jenis sel kanker. Misalnya saja, jahe dapat mencegah sembelit yang memicu perkembangan kanker, mencegah pertumbuhan enzim yang merangsang kanker prostat, membunuh sel-sel kanker paru-paru dan mencegah pertumbuhan kanker usus.

Bahkan, jahe dapat membunuh sel kanker payudara, sel kanker lambung dan menghambat pertumbuhan sel kanker ovarium. Dan pokoknya, masih banyak lagi. Jahe juga dapat menghentikan penyebaran sel-sel kanker paru-paru, ginjal, kulit, leukemia dan pankreas. Luar
biasa bukan? Insyaalloh..!!

6. Meredakan migrain
Sebuah studi mengungkapkan bahwa jahe dapat menghentikan prostaglandin, faktor penyebab rasa sakit. Oleh sebab itu, jahe bisa juga digunakan sebagai obat untuk mengurangi migrain dan sakit kepala.

7. Meredakan kram saat menstruasi
Ladies, jika kalian mengalami siklus menstruasi yang tidak teratur, sebaiknya kalian atasi dengan mengkonsumsi jahe. Selain itu, jahe juga berguna untuk meredakan rasa sakit yang disebabkan oleh kram saat menstruasi. Tahukah Anda bahwa orang Cina menggunakan teh jahe yang dicampur gula merah untuk mengobati kram saat mensturasi.

8. Mengobati morning sickness
Selain dapat mengatasi morning sickness, jahe juga berkhasiat meredakan mabuk perjalanan. Pasalnya, jahe dapat menekan rasa mual dan muntah. Dengan demikian, morning sickness yang sering terjadi pada wanita hamil dapat dihindari dengan mengkonsumsi jahe.

9. Mengurangi rasa sakit dan pembengkakan
Jahe adalah obat penghilang rasa sakit yang cukup mujarab serta memiliki sifat anti-inflamasi. Di samping itu, jahe juga berkhasiat untuk mengurangi rasa sakit yang disebabkan oleh luka dan infeksi. Bahkan, penyakit rematik bisa sembuh hanya dengan mengkonsumsi jahe.

10. Mengurangi sakit gigi
Karena jahe memiliki sifat antijamur dan antibakteri, jahe dapat membantu dalam mengurangi sakit gigi. Caranya cukup mudah, Anda bisa membuat wedang jahe, lalu gunakan untuk berkumur selama beberapa menit.

11. Menurunkan kadar kolesterol
Manfaat kesehatan lain yang penting dari jahe yaitu mampu menurunkan kadar kolesterol Anda. Maka dari itu, dengan mengkonsumsi jahe secara teratur, kemungkinan Anda terkena serangan jantung dan pembekuan darah intern sangatlah kecil. Sebab, jahe memiliki sifat pengencer alami yang berguna untuk membersihkan darah.


Itulah beberapa Manfaat Dan Khasiat Tanaman Jahe Untuk Kesehatan  yang dapat saya sampaikan. Mudah-mudahan bisa menjadi referensi bagi anda semua yang ingin hidup sehat. Semoga bermanfaat, dan terimakasih telah membaca artikel ini. simak terus cara-tani untuk mendapatkan berbagai macam informasi penting seputar dunia tanaman. Sallam sukses,,.

Advertisement